Minggu, 09 September 2018

Pemancingan Janti

Pemancingan Janti merupakan wisata pancing yang ada di Dusun Ngendo, Janti, Polanharjo, Klaten Utara. Sejak dahulu, desa Janti memang dikenal dengan wisata pemancingannya. Hal tersebut tak lain dan tak bukan karena fakta bahwa hampir tiap rumah di desa ini memiliki kolam pancing, karena memang Klaten merupakan salah satu wilayah yang menjadi pusat peternakan ikan di Jawa Tengah.  Selain itu, nuansa desa yang masih sangat alami juga ikut menambah daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Anda yang berkunjung ke tempat wisata pancing ini bisa menikmati udara sejuk khas pedesaan serta pemandangan hijau yang berasal dari persawahan di sekeliling kolam pemancingan tersebut.

Pemancingan Janti nyatanya juga tak hanya akan memuaskan hasrat memancing Anda. Tetapi juga akan menyajikan banyak masakan berbahan dasar ikan tawar, misalnya ikan lele, ikan bawal hingga ikan kakap. Anda bisa memilih  cara penyajian, baik itu akan dibakar atau digoreng. Anda yang ingin menyantap ikan-ikan tersebut tak perlu merasa khawatir perihal harga, sebab harga yang dipatok di rumah makan ini cukup bersahabat dan tak akan menguras kantong Anda. Ditambah,karena langsung berasal dari kolam pemancingan, maka ikan yang Anda santap tersebut merupakan ikan segar. Berlibur ke Klaten belum lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Wisata Pemancingan Seratus, di Janti kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten. Di tempat pemancingan ini terdapat wahana unik, selain tempat pemancingan tentunya.

Kawasan Janti memang banyak tempat pemancingan, hampir tiap pekarangan rumah terdapat tempat memancing, dan sumber air bersih yang melimpah. Namun di pancingan 100 ini ada pesawat terbang berskala besar terparkir di depan halaman. Pesawat itu digunakan untuk pertunjukkan teater.
Tiketnya hanya Rp 20 ribu untuk teater 3D dan Rp 10 ribu untuk Teater Alam.
Jenis pesawat itu adalah Boeing 237 yang didatangkan dari bandara Halim Perdanakusuma Desember 2016 milik Maskapai Batavia Air yang sudah tidak beroperasi sejak beberapa tahun silam.
Pesawat seharga Rp 2,5 miliar itu diboyong dari Jakarta ke Janti Klaten menggunakan tiga truk kontainer.
Pesawat dibagi dalam 3 bagian baru kemudian diboyong ke Klaten. Tempat wisata pemancingan ini ramai dikunjungi orang. Tempatnya strategis terjangkau dari Yogyakarta maupun Surakarta dan Semarang.
Selain wisata pesawat terbang, terdapat pemancingan yang cukup unik, sebab tempat makan lesehan yang disediakan berada di atas kolam ikan layaknya panggung. Pengunjung dapat memancing langsung atau membeli ikan kiloan di kedai yang berada di pinggir-pinggir kolam. Tersedia aneka macam ikan tawar antara lain ikan Lele, gurami, bawal, nila. Jenis ikan bawal paling banyak diminati.
Pancingan Janti yang sudah dibuka sejak 1990 itu menyuguhkan fasilitas menarik juga, yaitu kolam renang yang didalamnya terdapat bangunan kapal. Tiket masuk kolam renang hanya Rp 2.000 bisa renang sepuasnya. Di pemancingan Janti ini, pengelola juga memfasilitasi pemancingan gratis khusus anak-anak, hanya dengan membeli jaring ikan Rp 5.000.
Karmin, bagian informasi di Pancingan Seratus, mengatakan, tempat wisata ini dibuka tiap hari pukul 07.00 hingga 17.00 WIB. Untuk  menuju Tempat Pemancingan ini bisa dari Solo ke arah Delanggu, kemudian belok kanan ke arah Janti. Atau dari Boyolali arah ke Jatinom. Sampai di pertigaan Tulung, belok kiri ke arah Janti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar