Minggu, 09 September 2018

Tempat Mancing

Tempat Mancing - ikan di Desa Janti hidup di tengah sumber-sumber mata air jernih yang berlimpah. Salah satunya bahkan menjadi sumber mata air sebuah perusahaan air mineral. Kita bisa mencicipi daging ikan segar. Bisa juga berenang di kolam jernih segar. Melimpahnya air membuat warga desa yang berlokasi di Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, ini senang membudidayakan ikan air tawar. Keberadaan Balai Perbenihan dan Budidaya Ikan Air Tawar (BPBIAT) di sana juga menyedot kedatangan banyak tamu. Situasi ini ditangkap sebagai peluang usaha yang diterjemahkan menjadi rumah makan dan pemancingan. 

Tempat Mancing Pemancingan 01 Karya Mina di Dusun Mangunsuparnan adalah pemancingan pertama yang muncul. Dirintis oleh mendiang Amat Muhadi bersama istrinya, Halinem (90), pada tahun 1982, pemancingan ini menyajikan ikan nila dan lele, baik bakar maupun goreng. Luangkanlah cukup waktu jika hendak bersantap di sini mengingat ikan baru ditangkap dan dimasak ketika tamu datang dan memesan. Ikan lele dan nila yang disediakan untuk kebutuhan masak dibiarkan berenang-renang di kolam kecil di dekat tempat pembakaran. Sedangkan ikan untuk kebutuhan memancing dilepas di kolam yang berukuran cukup besar di bagian belakang rumah. Di sekeliling kolam dibangun naungan untuk memancing dan makan-makan. Kebanyakan pemancingan tradisional mengambil lahan menyatu dengan rumah pemilik, baik di bagian belakang maupun samping. Kita bisa mengobrol dengan pemilik layaknya berbincang dengan tetangga. Seiring perkembangan, muncul pemancingan yang lebih modern dengan lahan lebih luas. Pemancingan ini biasanya dilengkapi dengan kolam renang bahkan ada pula luncuran air atau water boom. 

Tempat maancing ini Airnya berasal dari aliran sumber air. Tempat-tempat pemancingan ini menggratiskan fasilitas mancing, bahkan pancing dan umpannya pun disediakan. Jika pengunjung berhasil mendapat ikan, barulah ikan tangkapan itu dikenai biaya sesuai timbangannya. Demikian pula dengan fasilitas kolam renang yang digratiskan. Hanya saja untuk water boom, diberlakukan tiket yang harganya terjangkau. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar